25.4.12

Arsip berita Atjehlink.com

Banda Aceh– Komunitas Tikar Pandan (KTP) dan International Center for Transitional Justice (ICTJ) menggelar serial workshop untuk mahasiswa/pelajar di Banda Aceh dengan agenda memperkenalkan wacana keadilan transisi dan hak-hak bagi korban perang, Selasa (24/4).

Workshop ini akan digelar di Museum HAM Aceh, Jl. Lamreung No. 20, Ulee Kareng Banda Aceh, dari tanggal 24 April-2 Mei 2012. Serial workshop ini dijadwalkan akan diikuti oleh para Pelajar dan Mahasiswa Kota Banda Aceh dengan jumlah partisipan 40 orang.

Latar belakang diadakannya workshop ini adalah merujuk pada kondisi selama hampir satu dekade terakhir, mahasiswa dan pelajar yang dulunya menjadi tulang punggung menuntut keadilan untuk korban konflik kini telah menjelma satu tatanan kelompok muda yang kehilangan memori atas kejahatan kemanusiaan yang terjadi sebelum bencana tsunami.


Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana menjaga ingatan kaum muda (terutama mahasiswa/pelajar) tentang konflik Aceh, mentransformasikan gagasan keadilan transisi, mendorong terpenuhinya hak korban konflik dan mempersiapkan terselenggaranya Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi di Aceh.

Berikut ini adalah Jadwal Kegiatan, Materi dan Fasilitator dalam serial workshop keadilan transisi ini, berdasarkan rilis yang diterima AtjehLINK hari ini dari Akmal M Roem, Project Officer Komunitas Tikar Pandan;

1.    Selasa, 24 April 2012, Jam: 9.00 WIB s/d 16.00 WIB. Materi: Keadilan Transisi dan Hak-Hak Korban. Pemateri: Nashrun Marzuki (Koalisi NGO-HAM Aceh), fasilitator: Azhari Aiyub (Komunitas Tikar Pandan)

2.    Rabu, 25 April 2012. Jam: 9.00 WIB s/d 16.00 WIB. Materi: Konflik dan Pelanggaran HAM, Peta Korban Kekerasan di Aceh (1998-2005). Pemateri: Furqan Muhammad Yus (Kontras Aceh), fasilitator: Fozan Santa (Sekolah Menulis Dokarim)

3.    Selasa, 1 Mei 2012. Jam: 9.00 WIB s/d 16.00 WIB. Materi: Upaya Keadilan bagi Korban Pelanggaran HAM: Advokasi dari Garis Depan. Pemateri: Hospi Novrizal Sabri (LBH Banda Aceh), fasilitator: M. Yulfan (Komunitas Tikar Pandan)

4.    Rabu, 2 Mei 2012. Jam: 9.00 WIB s/d 16.00 WIB. Materi: Menggagas KKR Aceh: Meretas Perdamaian Abadi. Pemateri: Wiratmadinata (ICTJ), fasilitator: Reza Idria (Museum HAM Aceh)
(al3/sp)

0 comments: