16.9.14



Patung Buddha Empat Wajah, Surabaya
Ketika berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, saya terkagum melihat dari kejauhan rupa satu bangunan yang mememiliki atap runcing nan megah. Saya seketika memutuskan untuk langsung mendekat ke bangunan tersebut. Dan ternyata bangunan itu adalah Patung Buddha Empat Wajah yang cukup besar dan bagus sekali. Patung ini seakan memberikan pesona tersendiri di antara berbagai keindahan lainnya di Pantai Ria Kenjeran.

Kunjungan saya kali ini tidak dalam rangka melihat perayaan Hari Raya Waisak. Ini hanya jalan-jalan biasa yang kemudian membuat saya berhenti di tempat ini. Namanya orang baru di kota ini, jalan-jalan sudah berang tentu wajib. Apalagi ke tempat wisata menarik seperti ini.

Patung Ganesha
Saya pikir ini tempat yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat pemeluk agama Buddha. Ya, kan mereka mau beribadah! Karena di seberang sana juga ada Vihara lengkap dengan Patung Dewi Kwan Im di dalamnya. Hanya saja, selain pemeluk agama Buddha, tentu Patung Buddha Empat Wajah ini bisa menjadi objek wisata yang unik dan bagus sekali untuk di kunjungi.

Setidaknya, untuk bisa memotret objek wisata Patung Buddha Empat Wajah ini, saya tidak harus jauh-jauh pergi ke Bangkok. Seperti yang kita ketahui bahwa di Thailand sana juga ada patung yang terkenal dengan nama Phra Phrom atau sering juga di sebut Four Faced Buddha yang berada di Kuil Erawan, Bangkok, Thailand. Ya gitu. Kalau ada di Indonesia mah bisa foto di sini dulu. Nanti kapan-kapan saja kita ke Thailand.

Sore itu memang suasana sedikit sepi. Jadi saya bebas keliling ke sana sini untuk melihat patung ini dari dekat. Sembari memotret keindahan tempat ini, saya kemudian melakukan penelusuran lebih detail tentang patung ini dari gadget saya. Setidaknya ingin tahu asal usul patung ini. Soalnya tidak ada orang yang saya kenal untuk bertanya langsung.

Di sebuah situs, saya lupa namanya, saya menemukan banyak informasi menarik tentang patung Buddha Empat Wajah ini. Patung Buddha Empat Wajah diresmikan pada tanggal 9 November 2004. Konon untuk membangun patung ini, dana yang disiapkan untuk ini kurang lebih 4 Miliar Rupiah. Waw!

Patung Buddha Empat Wajah ini berlapis emas dengan panjang sisi alas 9 meter dan tinggi 9 meter tersebut diletakkan di dalam bangunan yang disangga 4 pilar berwarna hijau emas, dengan panjang sisi alas 15 meter dan total tinggi 36 meter. Patung ini didatangkan secara langsung dari Thailand. Keempat wajah Buddha menghadap ke empat arah mata angin dan melambangkan beberapa sifat Buddha, yaitu belas kasih, murah hati, adil, dan meditasi.

Patung besar tersebut memiliki 8 tangan. Hal ini tentu melambangkan kehadiran dan kekuatan Sang Buddha. Terlihat di sana salah satu dari tangan kanan memegang dada, sedangkan di 3 tangan kanan yang lain memegang cupu berisi air suci, tongkat kebesaran dan cakram (sejenis senjata berbentuk piringan). Air suci merupakan perlambang energi penciptaan semesta. Sedang tangan kiri patung ini terlihat sedang memegang tasbih, teratai, kitab suci dan kerang. Teratai merupakan lambang kekuatan yang memunculkan alam semesta.

Di tempat ini, saya juga bisa melihat jelas bangunan yang menaungi patung dikelilingi oleh empat patung gajah berwarna putih yang terletak di setiap penjuru mata angin. Di sisi utara patung Buddha Empat Wajah, terdapat sebuah pendopo kecil yang di dalamnya terdapat patung Ganesha, dewa ilmu pengetahuan dalam mitologi Hindu. Nah, bagi pemeluk agama Buddha, di tempat ini juga tersedia ruang meditasi bilamana ingin bermeditasi.

Tidak ada pemungutan biaya khusus untuk bisa melihat tempat ini. Artinya gratis biaya masuk! Keren banget ih! Bagi wisatawan yang beragama Buddha, tempat ini tentu bisa menjadi tempat ibadah alternatif. Di dekat pintu masuk area ini sudah terdapat beberapa toko yang menjajakan pelengkapan sembahyang bagi umat Buddha.

 
 
 
Pantai Kenjeran memang sudah menjadi salah satu pantai andalan wisata kota Surabaya. Pantai yang terkenal dengan tempat melihat matahari terbit ini memiliki objek-objek wisata tambahan lainnya seperti hutan bakau lengkap dengan burung bangaunya. Selain itu, juga ada Kelenteng Sanggar Agung dengan patung raksasa Dewi Kwan Im dan Pagoda Tian Ti. Semua itu berada di Pantai Ria Kenjeran. Selain melihat-lihat keindahan, pengunjung juga akan bisa menikmati wisata kuliner dari penjual makanan yang sangaat beragam di sini. Mata melihat bagus, perut bisa kenyang seketika. Duh.. Tertarik? Silakan ke Surabaya!


mari bertukar cerita. Temui saya di:
twitter           : @vanroem
Facebook      : Akmal M Roem
Instagram      : vanroem
email             : akmalmroem@gmail.com


0 comments: