16.11.12


AKMAL M Roem, salah seorang dari anak muda Aceh yang mengikuti program Sarjana Mengajar daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (SM-3T) di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, membuat video tentang rutinitas mereka di sana.

Video yang kemudian diunduh ke Youtube pada hari Kamis 1 November 2012 itu berjudul “SM3T Aceh – Sanggau; Idul Adha 1433 H”, berisi tentang suasana para guru muda dari Aceh menyambut Hari Raya Idul Adha 1433 Hijiria, di daerah pedalaman suku dayak di Kalimantan Barat.

Jika melihat video tersebut, suara merdu petikan Sape atau gitar borneo langsung menyambut. Selanjutnya, video menampakkan tentang rutinitas anak-anak muda Aceh itu melaksanakan shalat Idul Adha yang diiringi suasa takbir, memasak dan berkumpul bersama.

Akmal M Roem, kepada ATJEHPOST.com mengatakan video itu dibuat ketika mereka yang semuanya berada di seluruh kabupaten Sanggau, berkumpul di Sekayam, ibukota Kabupaten Sanggau.


“Tidak semuanya bisa berkumpul, dari 102 orang di seluruh Sanggau hanya 65 orang yang bisa datang. Yang lainnya terkendala jarak yang jauh dan transportasi yang tidak mungkin dilalui,” kata Akmal, Jumat 2 November 2012.

Akmal menjelaskan setelah berkumpul mereka melaksanakan shalat Idul Adha di Mesjid Attaqwa Sekayam dan kemudian melaksanakan hari raya bersama. “Ini pertama kali kami berkumpul, rasanya seperti di kampung sendiri,” jelas Akmal.

Alumni Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Syiah Kuala ini mengatakan setelah shalat Idul Adha ada warga di daerah itu yang mengantarkan daging kurban untuk mereka. Selain memasak daging kurban, para guru muda ini juga membuat timphan asoe kaya dan menikmatinya bersama.

Rencananya, Akmal yang pernah membuat beberapa video dubbing di Youtube ini, juga akan membuat beberapa video lainnya tentang kehidupan mereka dan masyarakat di perbatasan dengan Serawak itu.

“Mungkin dengan video kami bisa berkomunikasi dengan Aceh, salam untuk seluruh rakyat Aceh, semoga selalu damai,” kata Akmal yang mengaku sedang berkumpul bersama teman-temannya. []

Sumber: Atjehpost.com

0 comments: