21.7.14

Dengan berbagai macam alasan, traveling kian digandrungi oleh banyak kalangan. Bagi saya, ketika melakukan sebuah perjalanan, saya bisa menemukan banyak hal baru di tempat yang saya kunjungi tersebut. Paling sederhana adalah melihat hal baru, menikmati pemandangan baru, menemukan kenikmatan jiwa yang baru.
pura-pura serius :)
Karena tentu tempat-tempat yang dikunjungi tersebut memiliki keunikan dan daya tarik sendiri sehingga mampu membuat suasana menjadi menyenangkan. Akan sangat seru lagi jika semua kisah perjalanan tersebut kita abadikan melalui tulisan.

Selama ini, katanya, traveling hanya milik  orang yang punya duit alias kaya. Tapi saya pikir itu tidak tepat. Tak masalah atau misikin, wisata perlajanan adalah milik orang-orang yang ingin bebas berjalan dengan caranya sendiri. Menemukan kedamaian pada tempat dikunjungi.  Asal bermanfaat dan bisa dibagi kepada banyak orang. Bagaimana caranya? Saya tidak memilah antara koper dan ransel. Berikut saya ada beberapa tips bagi yang hobi melencong. Silakan dibaca dan semoga bermanfaat.

Buatlah Rencana Catatan Perjalanan
Agar perjalanan menjadi lebih menarik, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Apa yang ingin Anda lihat sebelumnya harus Anda catat dengan jelas sehingga semua tempat yang rencana Anda datangi bisa lebih mudah untuk Anda jelajahi karena sudah punya catatan sebagai acuannya.

Menulislah!
Menulis adalah pekerjaan paling metnyenangkan bila sudah dikerjakan. Banyak yang beranggapan bahwa menulis itu sulit. Padahal, sulit itu hanya ketika kamu memikirkan apa yang ingin ditulis. Sedang jika memulai menulis apa yang ada di dalam pikiran kamu tentu akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Lakukan saja! wah!

Menulis yang informatif!
Ketika melakukan perjalan, Anda tentu melihat berbagai hal yang membuat Anda merasa tertarik dan sangat menyenangkan berada di tempat tersebut. Maka bagilah informasi itu kepada orang lain. Tulisan yang informatif tentu bisa mengundang orang lain untuk menikmati apa yang sudah Anda rasakan.

Sederhana Saja!
Tulisan perjalanan harus jujur. Ketika Anda sudah mulai menulis tentang apa yang Anda rasakan, sejatinya Anda akan coba "menjebak" pembaca untuk mengikuti dahsyatnya apa yang Anda rasakan selama melakukan perjalan. Tulisan harus berisikan hal-hal penting yang Anda sampaikan dengan sudut pandang yang Anda lihat. Ingat, ini tulisan perjalan bukan catatan harian! Jadi jangan terlalu panjang. Tulis yang penting-penting saja.

Foto dan Video yang Menarik!
Pilih foto atau video perjalanan yang sudah Anda abadikan. Perlihatkan pada pembaca bahwa Anda telah menejejaki tempat indah tersebut. Dengan memasang foto atau video menarik tersebut, pembaca bisa melihat sendiri betapa tempat yang Anda kunjungi tersebut bisa menjadi tempat tujuan pembaca nantinya.

Pulang. foto diambil di pedalaman Kalimantan Barat
 
Miniatur Membatik. Museum Mpu Tantular, Sidoarjo.
 
Sunset. Woyla Barat, Aceh.

Punya blog!
Nah, ini penting sekali. Agar dapat dibaca oleh orang banyak, tentu Anda harus memiliki blog pribadi. Untuk memiliki blog, Anda boleh mengunjungi blogspot dan wordpress. Mungkin masih banyak blog gratis lainnya yang ada di internet. Tapi saya rekomendasikan dua blog tersebut karena mudah dan seru. Jikapun Anda ingin memiliki domain sendiri, mungkin akan lebih bagus. Pilih nama nama alamat website yang mudah diingat dan menarik. Misal dengan nama.com atau yangunik.co.id dan sebagainya.

Beberapa media juga sangat suka memuat tulisan catatan perjalanan. Mungkin kelak Anda bisa berkontribusi di media-media tersebut. Wah, sudah jalan-jalan, menulis dapat honor lagi. Keren kan? Tunggu apalagi.

Share!
Setelah menulis di blog. Anda tentu bisa langsung membagi-bagi tulisan Anda di jejaring sosial lainnya agar dibaca oleh orang banyak. Ingat, dengan menulis pengalaman yang Anda temukan di tempat tujuan jalan-jalan itu, secara tidak langsung Anda bisa menarik pengunjung lainnya yang bisa saja berdampak positif bagi tempat kunjungan tersebut. Intinya bisa membantu ekonomi para penghuni tempat tujuan Anda itu.

Wah... akhirnya selesai di sini dulu. Nanti bolehlah saya share lagi tentang tips traveling buat Anda yang hobi menggerakkan kakinya ke mana suka. Sebenarnya saya sendiri tidak banyak melakukan perjalanan jauh. Tapi ketika saya sudah pergi, saya selalu menyempatkan menulis apa yang saya temukan di tempat itu. Tulisan yang kemudian pikir saya bahwa tidak semua orang berkesempatan ke tempat tersebut tapi dengan adanya tulisan saya itu bisa membuat orang tahu bahwa di dunia ini ada tempat semenarik ini. Uh... jadi akan lebih bangga jika setelah membaca tulisan tersebut orang-orang makin ramai ke tempat yang kita tulis itu. Ayo! lakukan dari sekarang. Semangat berbagi. Selamat berpetualang!

Salam hangat
ayo bertegur sapa dengan cara follow
twitter: @varoem
Instagram: vanroem








0 comments: